Sabtu, 03 September 2016

Berkenalan dengan Si Pemilik Sayap Manis, Rengganis

Bila mendengar nama "Rengganis" hal pertama yang akan terlintas dibenak kita yaitu "Nama Sebuah Puncak Manis di Argopuro" namun apakah kalian tahu kalau ada juga burung yang bernama Rengganis.
Rengganis atau dikenal juga dengan nama burung Cucak Rawis ini masih termasuk kedalam keluarga cucak-cucakkan (Pycnonotidae), dengan genus (Pycnonotus). Memiliki ukuran tubuh 20-21 cm, warna punggung pada alis matanya berwarna orange bergaris, dada sampai dengan perut putih pucat. Status dari burung ini yaitu LC (Least Concern/berisiko rendah).
Burung ini sampai kini masih menjadi perdebatan para pengamat burung di Indonesia. Berdasarkan penelitian serta buku panduan burung Wallacea, burung ini tidak tercatat di pulau lombok khususnya Rinjani. Namun kenyataannya burung ini banyak terdapat di seluruh kawasan TNGR yang mendiami dataran tinggi baik habitat terbuka maupun tertutup. Burung ini merupakan burung pemakan segala, baik itu buah, ulat maupun serangga.
aAda tiga sub-spesies burung ini, dengan persebaran yg berbeda, yaitu :
1. Pycnonotus bimaculatus bimaculatus (Horsfield, 1821) : habitatnya di wilayah barat daya Sumatera, Jawa Barat dan Jawa Tengah
2. Pycnonotus bimaculatus snouckaerti (Siebers, 1928) : habitatnya di wilayahnya barat laut sumatera
3. Pycnonotus bimaculatus tenggerensis (Van Oort, 1911) : Habitat di Jawa Timur.
Ras Bimaculatus
Ras Tenggerrensis

Sumber : Kementerian Kehutanan. 2013. Burung Jalur Pendakian TNGR. Mataram. Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar